Bale Raos, Restoran Unik Dengan Andalan Masakan Kesukaan Sultan


Berangkat dari misi ingin melestarikan kekayaan budaya khususnya dalam hal keanekaragaman hidangan khas Kraton Yogyakarta dan pengangkatan citra makanan tradisional di mata masyarakat nasional maupun internasional serta memberikan alternatif pilihan sajian hidangan bagi masyarakat Yogyakarta maupun wisatawan, terbentuklah suatu restoran unik yang sangat berbeda dari restoran kebanyakan di Yogyakarta, baik dari segi menu, cara penyajian, dan tempat. Restoran ini bernama Bale Rao

Bale Raos adalah salah satu dari sedikit restoran yang menyajikan masakan kesukaan Sultan Yogyakarta, dari masakan favorit Sultan Hamengkubuwono VII sampai ke Sultan Hamengkubuwono X. Semua bahan untuk masakan tersebut berasal dari ramuan-ramuan dan rempah-rempah tradisional.

Beberapa menu andalan Bale Raos antara lain: dalam Hidangan Pembuka ada Soup Tomat (Menu favorit HB IX), Soup Timlo (Menu favorit HB X), Soup Lidah, Soup Kacang Merah, dll. Kemudian di Hidangan Utama ada Sayur Klenyer (Menu favorit HB IX), Daging Lombok Kethok (Menu favorit HB VII-IX), Semur Ayam Panji (Menu favorit HB VII), Semur Piyik (Menu favorit HB VII), Gecok Ganem (Menu favorit HB IX), Dendeng Ragi (Menu favorit HB IX), dll.

Hidangan spesial terdiri dari Bebek Suwar-Suwir (Menu favorit HB IX), Roti Jok (Menu favorit HB IX), Dendeng Age (Menu favorit HB VIII), dll.

Dan untuk hidangan penutup serta snack, Bale Raos menyediakan berbagai pilihan menu makanan tradisional dengan rasa dan nama makanan yang cukup unik, yaitu Manuk Nom (Menu favorit HB VII dan HB VIII), Semlo (Menu favorit HB IX), Tapak Kucing, Prawan Kenes (Menu favorit HB VIII), Jadah Manten (Menu favorit HB VII), dll.

Bale Raos berada di sekitar kompleks Kraton Yogyakarta (tepatnya di Jl. Magangan Kulon No.1 Kraton Yogyakarta). Posisinya ada di Kraton bagian belakang, bersebelahan dengan Sarinah (pusat batik dan handycraft). Bangunan restoran tersebut berbentuk bangunan joglo dan sarat dengan kebudayaan jawa dan kehalusan budi bahasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *