KALPIKA Dalam Kata-Kata


Apabila anda tertarik untuk belajar membatik, terutama batik lukis, maka cobalah datang ke sanggar KALPIKA. Selain diajarkan dasar-dasar dan proses pembuatan batik, suasana kekeluargaan yang hangat pun akan anda dapatkan. Sedikit melihat ke masa lalu, KALPIKA merupakan pioneer sanggar seni batik lukis yang didirikan pertama kali di Tamansari. KALPIKA berdiri pada tahun 1972 dan bermarkas di RT 38 RW 9, Kelurahan Patehan, Kecamatan Kraton, Yogyakarta. Perlu diketahui bahwa kepengurusan KALPIKA memakai sistem regenerasi, dan sampai saat ini KALPIKA telah mengalami regenerasi sebanyak 10 kali. Setiap generasi memiliki hubungan darah dan karakter yang berbeda satu sama lainnya.

Dengan visi mengajar dan mendidik, aktivitas KALPIKA yang paling utama di sanggar adalah pengajaran cara melukis batik untuk para wisatawan lokal maupun mancanegara, anak-anak sekolah, ataupun kepada masyarakat yang ingin mempelajari seni batik lukis. Biaya pelatihan di sanggar KALPIKA bervariasi tergantung dari karya itu sendiri yang dilihat dari segi ukuran kain dan warna cat. Aktifitas lain yang ada di KALPIKA adalah pembuatan layang-layang untuk lomba dan aktivitas bermusik. Kategori batik lukis di KALPIKA terdiri dari 2 macam, yaitu umum dan spesifik. Cara membedakan dua kategori ini adalah dilihat dari segi karakter gambar dan proses pembuatannya. Harga batik lukis dari segi spesifik biasanya lebih mahal karena proses pembuatannya lebih rumit dan jumlah produksinya yang terbatas. Batik lukis produksi KALPIKA sudah dipasarkan hingga ke mancanegara, antara lain ke Malaysia, Singapura, Amerika, dan Eropa. Akan tetapi, ada kendala yang dihadapi oleh KALPIKA, yaitu jumlah produksi mereka kalah saingan dengan batik printing. Di samping itu, banyak pihak yang meniru karya-karya yang dihasilkan oleh sanggar KALPIKA.

Sesuai arti nama KALPIKA sendiri yaitu “aKAL Pemuda Insan KrAton”, prestasi yang diukir oleh teman-teman KALPIKA tidak tanggung-tanggung. Dari banyak kejuaraan yang diikuti sanggar ini, salah satu prestasi yang menggembirakan adalah KALPIKA mampu melahirkan anak didik yang berprestasi dengan karya-karya monumental yang terkenal hingga ke manca negara. Bimbingan di KALPIKA diadakan setiap hari, kecuali hari Minggu dan hari libur nasional. Peserta bimbingan dapat memilih jam belajar antara pukul 09.00-15.00 waktu setempat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *