Kelezatan Jajan Pasar


Jika suatu ketika kita berjalan-jalan ke pasar-pasar tradisional di daerah Yogyakarta umumnya, kita sering melihat makanan-makanan tradisional yang banyak ditawarkan oleh para pedagang di pasar tradisional tersebut. Makanan-makanan tradisional tersebut yang sering kita sebut dengan “Jajan Pasar”. Sepintas memang jika dilihat dari penampilannya, jajan pasar kurang menarik, namun jika dirasakan kelezatannya maka kita akan terperangah, karena rasanya memang khas. Rasa khas tersebut keluar dari bahan-bahan dan bumbu-bumbu dari resep tradisional. Yang terpenting adalah jajan pasar tidak mengandung bahan pengawet makanan yang berbahaya bagi kesehatan. Jadi, memakan jajan pasar tidak membahayakan kesehatan kita.

Di Yogyakarta kita dapat menemukan jajan pasar hampir di seluruh pasar radisional yang ada di Yogyakarta. Khususnya di Kecamatan Kraton, jajan pasar dapat ditemui di pasar tradisional Ngasem, atau yang lebih dikenal dengan Pasar Ngasem. Meskipun Pasar Ngasem terkenal dengan pasar burung, namun di sana juga terdapat transaksi barang selayaknya pasar-pasar tradisional lainnya. Karena di sana juga terdapat pedagang-pedagang lain yang menjual bermacam-macam dagangan. Di antaranya pedagang ikan, pedagang makanan, pedagang alat-alat rumah tangga, pedagang bunga, pedagang ikan hias, dan lain-lain.

Jajan pasar di pasar Ngasem sangat beraneka ragam, seperti halnya jajan pasar yang terdapat di pasar-pasar tradisional yang lain. Jajan pasar tersebut di antaranya adalah Klepon. Klepon ini berbahan dasar tepung ketan. Berbentuk bulat-bulat kecil, di tengahnya ada gula jawanya, di atasnya ditaburi dengan kelapa parut. Jajan pasar yang tak kalah lezatnya dengan Klepon adalah Gethuk. Gethuk terbuat dari singkong yang direbus kemudian dihaluskan atau ditumbuk. Gethuk memiliki rasa yang manis. Gethuk ada dua jenis, jenis ini didasarkan warnanya. Ada Gethuk yang berwarna coklat karena berbahan dasar gula jawa, sedangkan Gethuk yang berbahan dasar gula pasir berwarna putih kekuning-kuningan. Sedangkan jajan pasar yang lain yang tak kalah enaknya misalnya: Onde-onde, Ongol-ongol, Hung Kwee, Rissoles, Lemper, Lopis, Tiwul, Rempeyek, Gandhos, Cemplon, Cenil, kue Cucur, kue Cara Bikan, kue Nagasari, dan Dhawet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *