Museum Sonobudoyo Unit II – Mengenal Jogja Lebih Dekat

Jika anda ingin mengetahui lebih banyak tentang Yogyakarta di masa lampau, salah satu tempat wisata yang tidak boleh luput dikunjungi adalah Museum Sonobudoyo. Museum ini memiliki koleksi benda-benda seni dan kerajinan dari kebudayaan Jawa, Madura, Bali, dan Lombok. Seiring jumlah koleksi yang semakin banyak, maka pemerintah memperluas ruang pamerannya ke kompleks Dalem Condrokiranan yang terletak di sebelah Timur Alun-alun Utara Yogyakarta, tepatnya di jalan Wijilan. Bagian inilah yang dikenal sebagai Museum Sonobudoyo Unit II.

Museum Sonobudoyo Unit II diresmikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X pada tanggal 28 Oktober 1998. Museum ini memamerkan koleksi kebudayaan yang mewakili propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Pendopo Dalem Condrokiranan digunakan sebagai ruang pengenalan. Para pengunjung dapat menikmati sajian pameran yang meliputi lukisan, lambang, peta, bank data, dan benda warisan budaya, serta dapat mengenali Yogyakarta secara umum.

Selain itu, terdapat empat unit bangunan ruang pameran tetap yang meliputi:

  1. Ruang I (Alam, Lingkungan, dan Budaya)

Dalam ruang pamer ini disajikan informasi tentang flora dan fauna yang mewakili Daerah Istimewa Yogyakarta.

  1. Ruang II (Sejarah dan Budaya)

Dalam ruang pamer ini disajikan informasi tentang sejarah, bahasa, pendidikan, organisasi social, serta peralatan hidup dan teknologi.

  1. Ruang III (Kesenian)

Dalam ruang pamer ini disajikan informasi tentang kesenian tradisional dan modern yang hidup dan berkembang di Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk mempermudah pengunjung mengetahui lokasi dari jenis kesenian yang diketahui, pihak Museum menyediakan Peta Kesenian DIY.

  1. Ruang IV (Transportasi, Wadah, Pakaian, Makanan, Mata Pencaharian Hidup, dan Religi)

Dalam ruang pamer ini disajikan informasi tentang berbagai macam peralatan yang digunakan masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta, meliputi alat transportasi, wadah, makanan, pakaian, mata pencaharian hidup, dan religi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *